MEMBENTUK KARAKTER ANAK DENGAN PRAMUKA

Sekolah Peradaban Cilegon (SPC) yang didelegasikan oleh Rizky Firmansyah, Hisnurromdhi dan Annisa Septianing Tyas selaku pembina Pramuka SPC mengikuti Orientasi Pembina Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang diselenggarakan oleh Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Wilayah Banten pada tanggal 29 September 2015 yang bertempat di Warung Sunda Serpong Kota Tangerang Selatan.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 15.00 WIB tersebut diikuti oleh 34 sekolah se-Banten yang tergabung dalam JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu). Dalam kesempatan itu, hadir pula Ahmad Fikri selaku Pimpinan Satuan Komunitas Nasional (Pinsakonas) Pramuka SIT sekaligus narasumber pada kegiatan orientasi tersebut. Orientasi ini dimaksudkan untuk menyelaraskan persepsi gugus depan (sekolah) terhadap kegiatan pramuka yang tergabung dalam Sako Pramuka SIT dan JSIT.

Pada kesempatan itu, Pinsakonas Pramuka SIT yang akrab dipanggil Kak Fikri tersebut menuturkan akan pentingnya Kegiatan Pramuka di setiap gugus depan untuk pembentukan karakter anak. Pihak sekolah khususnya Kepala Sekolah beserta elemen di dalamnya dan orang tua siswa hendaknya mendorong dan mendukung kegiatan pramuka, ujar Fikri.

Fikri menambahkan, dewasa ini kegiatan pramuka sudah tidak lagi mengedapankan pembentukan karakter peserta didik. Salah satu contoh, pada setiap perlombaan pramuka, panitia lomba lebih banyak membuat mata lomba yang sasaran sebenarnya adalah tekspram (pengetahuan umum tentang kepramukaan) dan keterampilan bukan lagi mengedapankan pembentukan karakter. Padahal tujuan dasar pramuka adalah pembentukan karakter anak. Hal ini dapat dilihat dari Buku SKU (Syarat Kecakapan Umum) pramuka semua tingkatan, dimana poin yang mengandung nilai pembentukan karakter lebih banyak daripada tekspram dan keterampilan yang presentasinya hanya sebesar 1/8 saja. Oleh karenanya, Fikri kembali mengingatkan pada peserta orientasi yang diikuti oleh Ka. Mabigus (Kepala Sekolah) dan Pembina itu, untuk mengedapankan pembentukan karakter dalam kegiatan pramuka disetiap gugus depannya.

img 20150929 143030

Sementara itu, Rizky Firmansyah selaku Ketua Gudep 04.041/04.042 Sekolah Peradaban Cilegon menyambut baik dengan adanya orientasi ini. Kami sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Karena pada dasarnya kegiatan orientasi ini selain wadah untuk saling bermuwajjahah antar Kepala Sekolah dan Pembina di lingkungan Pramuka SIT, juga sebagai momen untuk terus meningkatkan pengetahuan tentang Pramuka SIT secara mendalam khususnya bagi Pembina. Sehingga diharapkan pengetahuan dan keterampilan antar Pembina Pramuka SIT menjadi selaras dan seirama, tutur guru kelas VI yang akrab dipanggil Om Rizky tersebut.

Add comment


Security code
Refresh