Sekedar mengingatkan saja dan untuk direnungkan
tanpa ada maksud untuk mengurui atau apapun itu namanya

Ingin berapa lama, sih kita hidup bersama anak?

Usia 20 tahunan, kita membentuk keluarga, menikah, punya anak, mendampingi masa balita hingga sekolah dasar. Lalu, kita berkata : Oh, lucunya mereka..

Usia 30 tahunan, kita menemukan anak-anak yang ternyata sudah remaja, jatuh cinta, dan mulai banyak keluar rumah. Lalu, kita berkata : ohcantik dan gantengnya mereka..

Usia 40 tahunan, pada umumnya anak kita telah menggapai cita-cita mereka, kuliah makin jauh dari orang tua, berasrama, kos atau di rumah. Lalu, kita berkata : Allah.. jagalah mereka..

keluargaUsia 50 tahunan, kita menemukan mereka semakin jauh dari orangtuanya, mandiri, dan membentuk keluarga sendiri. Lalu, mereka hadirkan bayi lagi di pangkuan tangan kita yang mulai keriput. Lalu, kita berkata : ya Allah, betapa singkatnya hidup ini. Jangan jadikan kami termasuk orang yang menyia-nyiakan kehidupan. Lindungi keluargaku, anak keturunanku dari siksa dunia dan akhirat.

Jika begitu, usia hidup kita tak berulang, kan? Jika begitu, usia anak kita pun tak berulang, kan? Jika begitu, sangat singkat masa mendampingi anak-anak kita, bukan?

diujungdesa kami bicarakan kemerdekaan Oleh: Beben Somantri, S.Pd. *

Setiap tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan dan 17 Ramadan umat Islam memeringati nuzurul Quran . Pada tahun ini dua peringatan itu tepat dihari dan tanggal yang sama. Bulan pada saat kemerdekaan di proklamasikan, 17 Agustus tahun 1945 juga bulan Ramadan. Bagi penganut Islam Indonesia bulan ini merupakan bulan yang selalu diharapkan karena memiliki banyak sejarah dan kebaikan.

17 Agustus bernilai sejarah bagi bangsa Indonesia karena pada bulan itu kemerdekaan Republik Indonesia di proklamasikan. Ramadan bagi mayoritas bangsa Indonesia merupakan bulan istimewa karena banyak berkah dan kemuliaan. Sedangkan tanggal 17 Ramadan merupakan awal diturunkannya Alquran. Kalau kita pahami dan maknai surat pertama dalam Alquran menyuruh manusia untuk membaca. Maka dalam peringatan yang bersamaan ini kita diingatkan supaya membaca pelbagai hal untuk meningkatkan kualitas bangsa dan agama.